Teknik Penyusunan SOP untuk Marketing
Teknik Penyusunan SOP untuk Marketing
Kali ini Whitecyber Research & Development Team berbagi ilmu bagaimana cara mengelola pemasaran sehingga bagi yang memiliki usaha awal dapat mempersiapkan diri dan memiliki gambaran garis besar tentang marketing. Dan garis besar ini dapat dijadikan acuan untuk pembuatan SOP yang sesuai dengan situasi dan lingkungan kerja.
Siapa yang dapat memanfaatkan gambaran SOP Marketing ini ?
SOP Manager/Officer/Staff, Marketing Manager/Sales Manager, Officer IT yang terlibat dalam penyusunan SOP, HRD Officer/Manager, dan peminat lainnya
Gambaran penyusunan SOP Marketing adalah sebagai berikut :
1. Memahami Peran Marketing Sebagai Unit Bisnis dalam Sistem Operasi Perusahaan
2. Analisa Fungsi Marketing Sebagai Profit Center dalam Sistem Pengendalian Internal
3. Analisa Desain Teknis Penyusunan SOP Marketing
4. Analisa SOP – Kebijakan Organisasi Marketing dan Kewenangan Operasinya
Struktur Organisasi Fungsi Marketing dan Job Descriptionnya
Menetapkan Anggaran Marketing
Analisa Beban Penjualan
Strategi Pertumbuhan Pemasaran
Alasan Dilakukannya Penjualan-Pemasaran
Tanggung Jawab Menentukan Target Pasar
Kewenangan Penandatangan Kontrak dan Penentuan Harga; . . dan Lainnya
Struktur Organisasi Fungsi Marketing dan Job Descriptionnya
Menetapkan Anggaran Marketing
Analisa Beban Penjualan
Strategi Pertumbuhan Pemasaran
Alasan Dilakukannya Penjualan-Pemasaran
Tanggung Jawab Menentukan Target Pasar
Kewenangan Penandatangan Kontrak dan Penentuan Harga; . . dan Lainnya
5. Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan Harga dan Produk
Analisa Harga Jual
Pengembangan Strategi Harga
Analisa Harga Secara Umum
”Buy-Ins” and ”Loss Leaders”
Penawaran Kompetitif
Kebijakan Potongan Harga atau Diskon
Analisa Biaya Historis Pemasaran; . . . . . dan Lainnya
Analisa Harga Jual
Pengembangan Strategi Harga
Analisa Harga Secara Umum
”Buy-Ins” and ”Loss Leaders”
Penawaran Kompetitif
Kebijakan Potongan Harga atau Diskon
Analisa Biaya Historis Pemasaran; . . . . . dan Lainnya
6. Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan Pelanggan
Analisa dan Survei Pelanggan
Kebijakan Kredit Pelanggan dan Customer Mapping – Customer Rating – Credit Limit
Kebijakan Pembinaan Pelanggan
Prasyarat dan Ketentuan Pemesanan
Pemesanan Lisan
Penerimaan Order Penjualan- Tertulis
Supervisi dan Pemenuhan Pesanan; . . . . . dan Lainnya
Analisa dan Survei Pelanggan
Kebijakan Kredit Pelanggan dan Customer Mapping – Customer Rating – Credit Limit
Kebijakan Pembinaan Pelanggan
Prasyarat dan Ketentuan Pemesanan
Pemesanan Lisan
Penerimaan Order Penjualan- Tertulis
Supervisi dan Pemenuhan Pesanan; . . . . . dan Lainnya
7. Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan Promosi dan Distribusi
Pengangkatan Distributor dan Agen
Kontes Penjualan Internal dan Eksternal
Pemasaran Jarak Jauh
Keputusan Promosi
Menggunakan Agen Periklanan
Iklan dalam Publikasi Pelanggan
Pameran dan Pertunjukkan Dagang; . . . . dan Lainnya.
Pengangkatan Distributor dan Agen
Kontes Penjualan Internal dan Eksternal
Pemasaran Jarak Jauh
Keputusan Promosi
Menggunakan Agen Periklanan
Iklan dalam Publikasi Pelanggan
Pameran dan Pertunjukkan Dagang; . . . . dan Lainnya.
8. Analisa SOP – Kebijakan Berhubungan Sumber Daya Manusia Marketing & Umum
Seleksi Karyawan Bagian Penjualan-Pemasaran
Moral dan Etika Penjualan
Pelatihan Armada Penjualan
Komisi-Bonus-dan Kompensasi
Bonus Khusus untuk Manajer Penjualan
Prosedur Audit Pemasaran
Perjanjian Menjaga Rahasia Oleh Karyawan Pemasaran
Revisi Prosedur dan Kebijakan Penjualan- Pemasaran
Dan Lainnya
Silahkan anda jabarkan sendiri bagaimana cara detailnya disesuaikan dengan bidang kerja dan bisnis anda.
Seleksi Karyawan Bagian Penjualan-Pemasaran
Moral dan Etika Penjualan
Pelatihan Armada Penjualan
Komisi-Bonus-dan Kompensasi
Bonus Khusus untuk Manajer Penjualan
Prosedur Audit Pemasaran
Perjanjian Menjaga Rahasia Oleh Karyawan Pemasaran
Revisi Prosedur dan Kebijakan Penjualan- Pemasaran
Dan Lainnya
Silahkan anda jabarkan sendiri bagaimana cara detailnya disesuaikan dengan bidang kerja dan bisnis anda.
Salam sukses
0 comments:
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :