Teknik Penyusunan SOP untuk Marketing

Teknik Penyusunan SOP untuk Marketing 

Kali ini Whitecyber Research & Development Team berbagi ilmu bagaimana cara mengelola pemasaran sehingga bagi yang memiliki usaha awal dapat mempersiapkan diri dan memiliki gambaran garis besar tentang marketing. Dan garis besar ini dapat dijadikan acuan untuk pembuatan SOP yang sesuai dengan situasi dan lingkungan kerja.

Siapa yang dapat memanfaatkan gambaran SOP Marketing ini ?
SOP Manager/Officer/Staff, Marketing Manager/Sales Manager,  Officer IT yang terlibat dalam penyusunan SOP, HRD Officer/Manager, dan peminat lainnya

Gambaran penyusunan SOP Marketing adalah sebagai berikut :


1. Memahami Peran Marketing Sebagai Unit Bisnis dalam Sistem Operasi Perusahaan 
2. Analisa Fungsi Marketing Sebagai Profit Center dalam Sistem Pengendalian Internal 
3. Analisa Desain Teknis Penyusunan SOP Marketing 
4. Analisa SOP – Kebijakan  Organisasi Marketing dan Kewenangan Operasinya
        Struktur Organisasi Fungsi Marketing dan Job Descriptionnya
        Menetapkan Anggaran Marketing
        Analisa Beban Penjualan
        Strategi Pertumbuhan Pemasaran
        Alasan Dilakukannya Penjualan-Pemasaran
        Tanggung Jawab Menentukan Target Pasar
        Kewenangan Penandatangan Kontrak dan Penentuan Harga; . . dan Lainnya
5. Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan Harga dan Produk
        Analisa Harga Jual
        Pengembangan Strategi Harga
        Analisa Harga Secara Umum
        ”Buy-Ins” and ”Loss Leaders”
        Penawaran Kompetitif
        Kebijakan Potongan Harga atau Diskon
        Analisa Biaya Historis Pemasaran; . . . . . dan Lainnya
6. Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan  Pelanggan
        Analisa dan Survei Pelanggan
        Kebijakan Kredit Pelanggan dan Customer Mapping – Customer Rating – Credit Limit
        Kebijakan Pembinaan Pelanggan
        Prasyarat dan Ketentuan Pemesanan
        Pemesanan Lisan
        Penerimaan Order Penjualan- Tertulis
        Supervisi dan Pemenuhan Pesanan; . . . . . dan Lainnya
7. Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan Promosi dan Distribusi
        Pengangkatan Distributor dan Agen
        Kontes Penjualan Internal dan Eksternal
        Pemasaran Jarak Jauh
        Keputusan Promosi
        Menggunakan Agen Periklanan
        Iklan dalam Publikasi Pelanggan
        Pameran dan Pertunjukkan Dagang; . . . . dan Lainnya.
8. Analisa SOP – Kebijakan Berhubungan Sumber Daya Manusia Marketing & Umum
        Seleksi Karyawan Bagian Penjualan-Pemasaran
        Moral dan Etika Penjualan
        Pelatihan Armada Penjualan
        Komisi-Bonus-dan Kompensasi
        Bonus Khusus untuk Manajer Penjualan
        Prosedur Audit Pemasaran
        Perjanjian Menjaga Rahasia Oleh Karyawan Pemasaran
        Revisi Prosedur dan Kebijakan Penjualan- Pemasaran
        Dan Lainnya

Silahkan anda jabarkan sendiri bagaimana cara detailnya disesuaikan dengan bidang kerja dan bisnis anda.

Salam sukses

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :