Metode Penyusunan SOP Pelayanan Masyarakat

 
 
 
 
 
 
 
Dalam suatu industri terhadap jasa pelayanan masyarakat, kebutuhan akan Standard Operating Procedure adalah suatu keharusan yang tidak dapat ditawar lagi. Disebabkan karena di dalam sistem penanganan terhadap kegiatan pelayanan tersebut lebih banyak dilakukan oleh individu karyawan yang ada dalam perusahaan. Mengingat tingkat ketergantungan terhadap intervensi individu dalam proses penyusunan SOP (Standard Operating Procedure) yang ada dalam aspek usaha pelayanan masyarakat tersebut. Lalu bagaimana langkah-langkah yang akan dilakukan untuk proses penyusunan SOP Pelayanan Masyarakat tersebut.
 
LANGKAH 1: PENETAPAN PERUMUSAN KUALITAS PELAYANAN
Perusahaan harus melakukan proses pendefinisian terhadap kualitas pelayanan yang menjadi nilai penting dalam aspek kualitas dari produk yang dimaksud tersebut. Misalnya dengan memberikan rumusan terhadap kualitas pelayanan seperti kebersihan, ketepatan waktu dan keramahan. Lakukan proses penetapan nilai yang bersifat kuantifikasi untuk memastikan bahwa perumusan kualitas dijalankan sesuai dengan standar persyaratan yang telah ditetapkan.
 
LANGKAH 2: PROSES ANALISIS STRUKTUR ORGANISASI
Dalam melakukan proses penyusunan SOP (Standard Operating Procedure), perumus SOP harus memastikan bahwa struktur organisasi yang ditetapkan dalam organisasi tersedia dengan tepat. Dalam konsep pelayanan, umumnya perusahaan membagi kelompok organisasinya menjadi kelompok front office dan back office. Lakukan proses evaluasi terhadap struktur organisasi yang ada dan kelompokkan sesuai dengan standar yang dimaksud.
 
LANGKAH 3: PENYUSUNAN ALIR PROSES
Khusus pada SOP pelayanan masyarakat, maka lakukan penetapan alir kerja yang dimaksud dari pelanggan menuju ke pelanggan. Dimana konsep ini adalah suatu alir terpenting yang utama dalam alir proses yang dijalankan dalam perusahaan.
Demikian lah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan proses penyusunan SOP khusus untuk pelayanan masyarakat. Agar lebih jelas dan detail yang terkait dengan perumusan SOP yang dimaksud, organisasi/ perusahaan dapat menggunakan referensi eksternal yang dapat membantu penyusunan SOP dalam perusahaan Anda. (amarylliap@yahoo.com, 08129369926)

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :