Metode Penyusunan SOP Pelayanan Masyarakat
Dalam
suatu industri terhadap jasa pelayanan masyarakat, kebutuhan akan
Standard Operating Procedure adalah suatu keharusan yang tidak dapat
ditawar lagi. Disebabkan karena di dalam sistem penanganan terhadap
kegiatan pelayanan tersebut lebih banyak dilakukan oleh individu
karyawan yang ada dalam perusahaan. Mengingat tingkat ketergantungan
terhadap intervensi individu dalam proses penyusunan SOP (Standard
Operating Procedure) yang ada dalam aspek usaha pelayanan masyarakat
tersebut. Lalu bagaimana langkah-langkah yang akan dilakukan untuk
proses penyusunan SOP Pelayanan Masyarakat tersebut.
LANGKAH 1: PENETAPAN PERUMUSAN KUALITAS PELAYANAN
Perusahaan
harus melakukan proses pendefinisian terhadap kualitas pelayanan yang
menjadi nilai penting dalam aspek kualitas dari produk yang dimaksud
tersebut. Misalnya dengan memberikan rumusan terhadap kualitas
pelayanan seperti kebersihan, ketepatan waktu dan keramahan. Lakukan
proses penetapan nilai yang bersifat kuantifikasi untuk memastikan bahwa
perumusan kualitas dijalankan sesuai dengan standar persyaratan yang
telah ditetapkan.
LANGKAH 2: PROSES ANALISIS STRUKTUR ORGANISASI
Dalam
melakukan proses penyusunan SOP (Standard Operating Procedure), perumus
SOP harus memastikan bahwa struktur organisasi yang ditetapkan dalam
organisasi tersedia dengan tepat. Dalam konsep pelayanan, umumnya
perusahaan membagi kelompok organisasinya menjadi kelompok front office
dan back office. Lakukan proses evaluasi terhadap struktur organisasi
yang ada dan kelompokkan sesuai dengan standar yang dimaksud.
LANGKAH 3: PENYUSUNAN ALIR PROSES
Khusus
pada SOP pelayanan masyarakat, maka lakukan penetapan alir kerja yang
dimaksud dari pelanggan menuju ke pelanggan. Dimana konsep ini adalah
suatu alir terpenting yang utama dalam alir proses yang dijalankan dalam
perusahaan.
Demikian lah langkah-langkah yang
dapat dilakukan untuk melakukan proses penyusunan SOP khusus untuk
pelayanan masyarakat. Agar lebih jelas dan detail yang terkait dengan
perumusan SOP yang dimaksud, organisasi/ perusahaan dapat menggunakan
referensi eksternal yang dapat membantu penyusunan SOP dalam perusahaan
Anda. (amarylliap@yahoo.com, 08129369926)
0 comments:
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :