Mantra Seorang Marketer
Ya, inilah mantra seorang marketer atau pemasar.
Online marketer maupun offline marketer sejati selalu mencari dimana
letak kebutuhan calon konsumennya. Mereka berusaha menguak dan menemukan
solusi atas masalah yang tengah dihadapi calon konsumen.
Kelihaian marketer dalam melakukan hal itu sangat penting bagi pertumbuhan bisnis.
Mungkin sebagian dari anda akan terasa kurang senang saat dulu
bertemu dengan marketer yang sedang mencoba menawarkan produk atau
jasanya. Namun, bagaimanapun itu memang tugas mereka. Dan pada
hakikatnya kita semua adalah marketer.
Guru adalah marketer sukses
saat berhasil membuat murid-muridnya rajin belajar agar berhasil saat
ujian sekolah. Karyawan yang sedang menyampaikan idenya pada pimpinan
pada hakikatnya sedang memarketingkan idenya agar diterima. Seorang anak
kecil yang sedang merengek dan membujuk orangtuanya pada hakikatnya
sedang melakukan marketing pada orang tuanya agar keinginannya dituruti.
Dan banyak lagi contoh lain dalam keseharian kita bagaimana proses marketing itu terjadi.
Begitu pun saat anda mulai memiliki usaha sendiri, anda akan tambah
menyadari betapa vitalnya peran dari marketer atau pemasar. Sebab dari
situ, nasib produk/jasa anda ditentukan. Tanpa marketing yang kuat, perusahaan bisa hanya tinggal nama.
Hebatnya, internet telah mengubah dunia marketing secara drastis.
Dulu, orang berpindah dari suatu tempat ke tempat lain untuk presentasi
bisnis, untuk memasarkan produknya. Sekarang, cukup di depan komputer
dan anda bisa presentasi kapan saja, ke tiap orang yang datang ke
website, tanpa harus lagi bibir berbusa-busa. Semua yang datang akan
mendapatkan penjelasan produk anda secara lengkap. Kalau ada yang ingin
ditanyakan, mereka bisa kontak anda. Enak kan?
Bukan hanya itu, bagi pemilik usaha, internet adalah jalur hemat
untuk merengkuh pasar di seluruh dunia. Bayangkan, dengan investasi yang
sedemikian kecil, anda bisa dapat prospek dan penjualan dari mana saja.
Lihat misal amazon.com. Mereka tak punya kantor di Indonesia, tapi di sini ada ribuan orang yang menjadi pemasarnya. Pemasarnya memasarkan produk mereka ke seluruh dunia. Lintas batas wilayah bukan lagi soal berkat internet.
Kembali ke soal mantra seorang marketer, saat bertatap atau sedang
presentasi dengan calon konsumen, satu pertanyaan yang berulang-ulang
ada di benak pemasar adalah:
- Apa yang anda butuhkan?
- Apa yang anda butuhkan?
- Apa yang anda butuhkan?
Pada saat lain, pertanyaan berulang tersebut bisa berganti menjadi:
- Apa yang anda inginkan?
- Apa yang anda inginkan?
- Apa yang anda inginkan?
Inilah tugas dari marketer, menggali kebutuhan/keinginan konsumen dan menyediakan solusi yang tepat bagi mereka.
Sementara, di sisi konsumen, kalimat yang selalu bergaung adalah:
- Apa manfaat produk/jasa ini buat saya?
- Apa manfaat produk/jasa ini buat saya?
- Apa manfaat produk/jasa ini buat saya?
Kepiawaian seorang marketer atau pemasar dalam menemukan
kebutuhan/keinginan konsumen dengan menjembataninya dengan nilai manfaat
dari produk/jasanya, akan sangat amat berpengaruh pada tercapainya closing.
Bagaimanapun, konsumen adalah tujuan dari semua bisnis. Berkat konsumen yang telah memberikan kepercayaan pada anda, bisnis anda bisa berjalan dengan baik. Karena itu, pastikan dan jaga kepercayaan konsumen sebaik-baiknya.
Salam ACTION!
0 comments:
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :