Apakah Kunci Sukses Seorang Jack Ma (Pendiri Alibaba.com) ?

Kunci Sukses Seorang Jack Ma
Jack Ma Pendiri Alibaba
By: Arfans
Kunci sukses seorang Jack Ma tidak terlihat dari penampilannya, image perawakannya kecil dan penampilannya kurang meyakinkan. Tapi jangan salah, Kunci sukses seorang jack ma dalam membangaun  Alibaba Group dari nol hingga menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China patut ditiru. Siapa sangka sebelum 1995, Ma, mantan guru bahasa Inggris ini sama sekali tidak pernah menyentuh barang yang bernama komputer bahkan ia sama sekali tidak pernah belajar marketing atau ilmu internet marketing.
Namun sekarang, dialah pengusaha internet sukses pemilik perusahaan e-commerce yang mampu bersaing dengan eBay.
Seorang Ma memiliki ambisi yang sangat besar, berbanding terbalik dengan perawakannya yang kecil. Ketika eBay merambah ke China pada 2002, banyak perusahaan e-commerce China patah arang dan sudah tidak mungkin lagi bagi mereka untuk bersaing dipasar.
Namun tidak bagi Jack Ma, dia tetap percaya diri bahkan berani bersaing dengan raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS) tersebut. Keberanian Ma tersebut bukan tidak didasari oleh satu alasan yang kuat, Baginya ada satu hal yang tidak dimiliki eBay namun menjadi senjata utamanya dan merupakan kunci sukses seorang jack ma. Ma memiliki akar bisnis yang kuat di China, yaitu kepercayaan mereka.
“Di China saat ini bukan teknologi yang terpenting, namun bagaimana kita memiliki kedekatan dengan pelanggan dan mengerti keinginan mereka.” ujar Ma.
Awal mula Ma menekuni internet business ialah dengan mendirikan sebuah perusahaan China Pages yang berbasis internet. Dalam menjalani bisnisnya Ma bukanlah tanpa hambatan, berbagai kegagalan dan pasang surut telah dialaminya, namun dengan tekad yang kuat dan semangat pantang menyerah akhirnya pada maret 1999, Ma dan timnya yang berjumlah 18 orang meluncurkan sebuah situs bernama Alibaba.com di apartemen Ma di Hangzhou, provinsi Zhejiang.
Dibawah kepemimpinan Ma, Alibaba kemudian berkembang pesat dan mencapai puncaknya pada oktober 2005. Hingga kini Alibaba Group sudah memiliki lebih dari 5.000 orang pegawai, yang melayani jutaan pengguna jasa bisnis diseluruh dunia.

Etika bisnis yang melekat dalam dirinya yang menjadi kunci sukses seorang Jack Ma adalah :

1. Ambisi Yang Kuat Untuk Sukses
2. Semangat Pantang Menyerah
3. Rasa Percaya Diri
4. Sikap Optimis
5. Bekerja Keras
6. Kepercayaan Orang Lain (dalam hal ini bangsa China).
Dengan adanya kepercayaan yang besar dari bangsanya sendiri Ma berhasil membangun jaringan bisnis yang kuat dan luas, yang telah mengantarkannya kepada puncak kesuksesan!.
Dalam menjalankan bisnis , referensi Ma tidak seperti pengusaha kebanyakan. Ma tetap berpegang pada identitas dirinya sebagai orang China. Dia banyak terinspirasi penulis novel persilatan serta pahlawan kuno China, Jim Yong. “Buku Jim Yong mengajarkan saya bahwa apapun yang kita inginkan untuk menjadi orang hebat, atau perusahaan hebat, kita harus bekerja keras.

Dan untuk menang, kita harus berpikir diluar kotak.” novel tersebut menjadi inspirasi kuat dan menjadi Kunci Sukses Seorang Jack Ma.

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :