Point kesalahan membuat web Internet Marketing

Point yang saya mau sampaikan adalah: kita tidak dapat mengerjakan semuanya sendiri. Kadang kala, kita juga perlu menggunakan keterampilan orang lain.
Kembali ke contoh program affiliasi diatas. Akhirnya saya memutuskan outsource ke programmer saja untuk membuat affiliate script sesuai dengan kebutuhan saya. Coba kalo dari pertama saya sudah outsource ke programmer, kan tidak usah menghabisi 5 hari, dan sekarang program affiliasinya sudah bisa berjalan (tentunya saya sudah menjual makin banyak Adsense Black Magic!)… hehehe
Ya, tetapi seperti ada pepatah yang mengatakan “setiap kesalahan adalah satu langkah maju menuju kesuksesan”, jadi saya tetap mengambil positive intention dari kejadian ini :)
Untungnya saya telah mengambil keputusan yang tepat ketika saya outsource graphics pada website Adsense Black Magic saya.
Saya sama sekali tidak mengerti tentang graphic design. Beneran buta deh. Ga bisa pakai photoshop, ga bisa pakai corel juga. Paling yang saya bisa adalah buka gambar2 dengan ACDSee dan crop sini crop situ saja.
Untung saya menyadari hal ini dari awal, sehingga tidak perlu menghabiskan berhari-hari lagi hanya untuk men-design graphicsnya. Dari awal ketika saya sudah ada konsep mengenai Adsense Black Magic, saya langsung minta designer saya mengerjakannya.
Jadi pada saat designer saya mulai men-design, pada saat yang sama pula saya mengerjakan contentnya Adsense Black Magic.
Dengan meng-outsource tugas-tugas yang saya tidak kuasai kepada ahlinya, hasilnya selain lebih bagus dan lebih professional, saya juga menhemat banyak waktu dan tenaga, sehingga saya bisa fokus kepada hal-hal yang lebih penting dalam bisnis saya seperti:
  1. Memberikan content yang lebih bagus kepada blog ini secara terus menerus
  2. Membuat content yang lebih bagus untuk produk-produk saya
  3. Mengembangkan produk line up untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan customer
  4. Melakukan aktifitas marketing untuk mempromosi produk-produk saya
Sebenarnya untuk point nomor 1, 2, 3 dan 4 (semuanya!) juga bisa dioutsource-kan, hanya saja pada saat ini bisnis saya masih belum sampai pada tahap tsb. Jadi ya sementara kerjain sendiri dulu deh. Ntar kalo sudah ada dana baru dioutsource-kan.
Outsource ke tenaga ahli (professional) sebenarnya adalah bagian dari meng-setup sebuah sitem untuk menjalankan bisnis anda secara otomatis di kemudian hari. Dengan ada nya sistem seperti ini, anda cuti 2 minggu atau 1 bulan dan tidak mengurusi bisnis anda sama sekali juga tidak masalah.
Duit tetap mengalir terus ke rekening anda :P
Kalau anda sering dengar “tidur aja dapat duit”, maka sekarang satu langkah lebih hebat lagi yaitu “cuti 1 bulan saja tetap dapat duit”…hehehe
Tentunya semua ini perlu proses. Seperti yang sudah sering mengatakan (jangan bosan-bosan ya), di Internet Marketing maupun di bisnis apapun tidak ada yang namanya hasil instan.
Ketika bisnis anda sudah mencapai satu tahap dimana waktu anda sudah banyak habis menjawab pertanyaan customer service (berarti pelanggan anda sudah cukup banyak), atau mengejarkan sesuatu yang anda tidak menguasai (sehingga hasilnya juga tidak bagus), maka saatnya anda mulai melirik untuk outsource ke tenaga professional.
Saya tunggu pendapat anda ya, silakan komentarnya…

Anda dapat menghubungi www.whitecyber.com untuk membuat program web yang jauh lebih mudah.

sumber :

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :