Mengembangkan Sistem Manajemen Kinerja Perusahaan

Apakah Anda pelaku usaha yang merasakan kesulitan yang kuat dalam mengoptimalkan nilai dari karyawan Anda? Anda sudah banyak melakukan cara seperti yang termuat dalam buku teori tentang bagaimana melakukan proses upaya mengoptimalkan karyawan, namun hasilnya masih nihil.

Mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi perusahaan Anda untuk mempertimbangkan Sistem Manajemen Kinerja. Sistem Manajemen Kinerja adalah suatu bentuk struktur manajemen yang secara akurat mendetailkan target-target yang ada dalam perusahaan menjadi suatu bentukan target-target yang masuk ke dalam individu personel yang ada dalam perusahaan yang dimaksud.

Apa manfaatnya penerapan ini? Setiap perusahaan selama ini melihat sumber daya manusia adalah suatu beban biaya yang mau tidak mau dimaksukkan ke dalam nilai produk output perusahaan. Hal yang kemudian akan bersinergi dengan strategi dan positioning produk dalam penjualannya. Apabila perusahaan mengalami suatu bentuk kekalahan dalam persaintan mau tidak mau perusahaan tersebut mengalami pengurangan penjualan atau target sales. Dimana efek secara langsung akan menyebabkan adanya kebutuhan penurunan biaya karyawan. Sedangkan dalam dunia ketenagakerjaan akan sangat sulit bagi perusahaan untuk menurunkan gaji karyawan, sedangkan di lain pihak beban perusahaan terhadap biaya itu sendiri makin lama makin membutuhkan efisiensi.

Lalu, langkah-langkah apa yang harus dilaksanakan oleh perusahaan itu sendiri?
(1) Lakukan perombakan terhadap sistem kompensasi karyawan
Buatlah skema perumusan kompensasi yang sebelumnya lebih membuat karyawan mengalami passive condition terhadap performa dan kinerja yang dimiliki menjadi memiliki suatu bentuk nilai kompetisi yang kuat dalam bekerja. Rumuskan skema insentif sebagai hadiah performa baik itu keberhasilan pencapaian baik dari target ataupun pengelolaan efisiensi, termasuk di dalamnya adalah kinerja tim maupun kinerja individu dalam perusahaan itu sendiri. Insentif sebaiknya memiliki nilai proporsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaji pokok karyawan. Ubah mindset karyawan sehingga memiliki pemikiran dari sebelumnya pada batasan penghasilan yang terbatas menjadi tanpa batas, sepanjang karyawan tersebut memiliki performa yang kuat.

(2) Kembangkan business unit dalam perusahaan
Buat dan kembangkan jiwa enterpreunership yang kuat dalam diri pimpinan dan lini manajemen dalam perusahaan Anda untuk menjadi pemilik usaha kecil dalam unit kerjanya. Berikan budget dan kembangkan kemampuan manajerial dalam mengelola kelompok kerjanya. Berikan reward yang berkaitan dengan aspek profit langsung dari unit bisnis perusahaan yang dapat bekerja dan berkembang lebih optimal. Berikan penghargaan dan kesempatan kepada karyawan Anda untuk melakukan pembagian ilmu kepada unit kerja lainnya untuk terus berkembang.

(3) Penyusunan dan pengembangan KPI
Proses penyusunan dan pengembangan KPI ini akan menjadi nilai yang positif di dalam perusahaan sebagai bentuk mediasi dan pengembangan terkait dengan unit satuan indikator prestasi yang akan dituju oleh perusahaan. Ada baiknya, penjabaran KPI ini dilakukan pada satuan unit kinerja individu karyawan juga yang kemudian dilekatkan kepada aspek kinerja tim yang kuat. Proses independensi dan audit yang terencana perlu untuk disusun untuk memastikan bahwa KPI ini benar-benar dijalankan secara obyektif di dalam perusahaan.

Perusahaan sebaiknya sudah memikirikan langkah-langkah dalam proses pengembangan Sistem Manajemen Kinerja Perusahaan ini, termasuk di dalamnya adalah dengan melakukan proses pencarian tenaga konsultan HR (Sumber Daya Manusia) yang tepat dalam proses pengembangan dan implementasinya. Pilih referensi eksternal yang tepat yang dapat mambantu perusahaan berjalan sinergis menuju pertumbuhan yang lebih baik. (amarylliap@yahoo.com, 08129369926)

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :