Blog Bisnis Online dan Internet Marketing | JokoSusilo.com Search: Home Special Report Arsip Lengkap ViralGen Inilah 10 Kunci Iklan Sukses yang Perlu Anda Perhatikan Serius
Sebuah iklan dikatakan berhasil jika mencapai tujuannya. Soal tujuan
tidak selalu hanya untuk meningkatkan penjualan, bisa agar awareness
pembeli meningkat, atau demi meningkatkan citra produk. Oleh karena itu,
penting bagi sebuah iklan, untuk memiliki pesan yang fokus. Tanpa itu, yang bisa terjadi adalah tidak jelas atau kaburnya pesan yang hendak disampaikan.
Kesepuluh kunci iklan sukses di bawah ini perlu selalu anda perhatikan ketika membuat sebuah iklan online.
- Headline. Headline merupakan salah satu titik
iklan terpenting. Headline yang kuat dan mampu menarik perhatian orang
yang melihatnya sangat menentukan keberhasilan sebuah iklan. Bahkan
sebuah riset menyebut peranan headline bisa mencapai 75 persen sebagai
faktor sukses sebuah iklan.
Bagaimana headline yang baik? Headline bisa menekankan pada keunggulan produk atau bisa dengan memancing keingintahuan calon pembeli. Terkait soal headline, silakan baca posting 8 Headline Sales Letter Paling Menjual Sepanjang Masa. - Penawaran yang Dahsyat. Kunci berikut iklan efektif
adalah adanya penawaran yang dahsyat. Misal, anda memberikan potongan
harga 75% bagi 500 pembeli pertama. Dan, bukan cuma itu saja. Anda pun
memberikan bonus-bonus menarik untuk mereka yang memesan produk pada 10
jam pertama sejak produk dilaunching.
Terkait dengan kunci ini silakan baca Inilah 10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat. - Tekankan Keunggulan Anda. Kenapa pembeli harus membeli produk dari anda dan bukan dari produk kompetitor anda? Itu pertanyaan kuncinya. Oleh karena itu penting untuk menekankan keunggulan yang anda miliki. Sebagai contoh misal anda mampu melayani dengan lebih cepat serta jaringan yang terbesar.
- Buat Menyerupai Konten. Rata-rata orang lebih suka membaca konten daripada harus mengklik sebuah iklan. Untuk itu kita bisa mengatasinya dengan membuat review sebuah produk. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan Pak Arif Hartoyo. Selain review, kita bisa sesuaikan dengan membuat banner yang menyerupai tampilan konten.
- Sampaikan Keuntungan Konsumen. Ingat selalu untuk menyampaikan keuntungan yang diperoleh prospek jika membeli produk anda. Soal keuntungan, kuncinya sederhana. Orang selalu berusaha mendapatkan kesenangan dan menghindari kesakitan. Eksplorasi itu dalam iklan anda.
Itu dulu yang saya sampaikan. Untuk kelima kunci iklan sukses berikutnya saya lanjutkan di posting selanjutnya.
Bagaimana komentar anda untuk isi posting ini?
Dan inilah dia tips kunci iklan sukses lanjutan ?
6. Call to ACTION
Di internet, orang suka untuk dituntun. Jangan lupa untuk membubuhkan kalimat call to action (CTA) di setiap penawaran anda. Seperti kalimat “klik di sini”, “gabung sekarang”, atau “buka link ini”. Kalimat CTA harus jelas agar orang langsung paham apa yang harus dilakukan.
Di internet, orang suka untuk dituntun. Jangan lupa untuk membubuhkan kalimat call to action (CTA) di setiap penawaran anda. Seperti kalimat “klik di sini”, “gabung sekarang”, atau “buka link ini”. Kalimat CTA harus jelas agar orang langsung paham apa yang harus dilakukan.
7. Hilangkan Resiko
Semua orang akan berpikir lebih panjang sebelum melakukan pembelian atau perintah apapun dalam pesan iklan anda bila masih ada resiko. Minimalkan atau bahkan hilangkan resiko itu. Bagaimana caranya? Ada tiga. Berikan garansi, tampilkan testimonial, serta tunjukkan data dan fakta. Ketiganya selain membuat resiko yang dipandang calon pembeli mengecil, juga akan meningkatkan kredibilitas anda.
Semua orang akan berpikir lebih panjang sebelum melakukan pembelian atau perintah apapun dalam pesan iklan anda bila masih ada resiko. Minimalkan atau bahkan hilangkan resiko itu. Bagaimana caranya? Ada tiga. Berikan garansi, tampilkan testimonial, serta tunjukkan data dan fakta. Ketiganya selain membuat resiko yang dipandang calon pembeli mengecil, juga akan meningkatkan kredibilitas anda.
8. Kepepet
Secara umum manusia cenderung malas atau suka menunda pekerjaan. Tidak jarang ketika kepepet baru melakukannya. Untuk mengatasinya anda bisa buat situasi kepepet dalam iklan anda. Seperti misalnya memberikan batas waktu atau membatasi jumlah pembeli produk anda. Sebagai contoh misal anda bisa katakan ”penawaran ini hanya untuk 25 orang saja”. Pasti mereka akan berebut untuk segera mendapatkan produk anda.
Secara umum manusia cenderung malas atau suka menunda pekerjaan. Tidak jarang ketika kepepet baru melakukannya. Untuk mengatasinya anda bisa buat situasi kepepet dalam iklan anda. Seperti misalnya memberikan batas waktu atau membatasi jumlah pembeli produk anda. Sebagai contoh misal anda bisa katakan ”penawaran ini hanya untuk 25 orang saja”. Pasti mereka akan berebut untuk segera mendapatkan produk anda.
9. Buat Mudah
Sedikit saja prospek merasa ada kesulitan untuk memesan produk anda, bisa saja mereka membatalkan pemesanan. Buka semua jalur pemesanan untuk mempermudah prospek dalam memesan. Jangan hanya lewat email, gunakan juga telpon atau SMS. Hampir semua orang sekarang memiliki handphone dan mungkin merasa lebih mudah untuk menekan tombol handphone daripada keyboard komputer. Dalam iklan, anda bisa masukkan nomer telepon anda.
Sedikit saja prospek merasa ada kesulitan untuk memesan produk anda, bisa saja mereka membatalkan pemesanan. Buka semua jalur pemesanan untuk mempermudah prospek dalam memesan. Jangan hanya lewat email, gunakan juga telpon atau SMS. Hampir semua orang sekarang memiliki handphone dan mungkin merasa lebih mudah untuk menekan tombol handphone daripada keyboard komputer. Dalam iklan, anda bisa masukkan nomer telepon anda.
10. Tampilkan Gambar yang Menyedot Perhatian
Di banner khususnya, anda bisa tampilkan gambar yang memikat untuk menyedot perhatian pengunjung. Gambar yang menarik tentu akan lebih mudah untuk diklik.
Di banner khususnya, anda bisa tampilkan gambar yang memikat untuk menyedot perhatian pengunjung. Gambar yang menarik tentu akan lebih mudah untuk diklik.
Ada tiga tips tambahan khusus dalam membuat banner.
Pertama, gambar yang menarik, headline yang memikat, dan kalimat call
to action yang menghentak. Gambar yang pertama kali berfungsi menarik
perhatian, kemudian headline yang akan menambah ketertarikan mereka,
serta kalimat call to action yang membuat mereka mengklik. Namun dalam
pemilihan gambar jangan sampai kemudian mengalahkan pesan utama iklan.
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam beriklan. Selalu tes dan
ukur hasilnya. Bila belum berhasil, lihat kembali iklan anda. Perbaiki
dan jangan ragu untuk memindah tempat beriklan. Penting juga untuk
membuat beberapa variasi iklan dengan mengkombinasikan beberapa kunci
iklan sukses di atas.
Bagaimana apakah anda sudah siap menerapkan kunci iklan sukses diatas ?











0 comments:
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :