13 Trik Mujarab Jualan Online Agar Laris Manis
Anda punya toko online? Apakah produk-produk Anda laris manis di
ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan
produk-produk Anda secara online. Apalagi saat ini semakin banyak
saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap
menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba
tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko
online Anda. Siapa tau setelah mencobanya nanti, omset penjualan Anda
akan meningkat drastis.
Facebook,
hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan
orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya
juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi
untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan
Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online
Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Kekuatan tombol
Share memang benar-benar ajaib, hanya cukup dengan sekali klik saja,
Anda bisa mengirimkan promo-promo Anda ke semua orang yang terhubung
dengan jaringan Anda. Ini artinya Anda menjadi satu langkah lebih dekat
dengan para calon konsumen. Selain itu juga ada fitur Like This. Fitur
ini baik yang ada di Facebook ataupun di website-website yang terhubung
dengan Facebook Connect akan memudahkan produk Anda dilirik. Setiap
‘acungan jempol’ yang diberikan pada satu produk, akan meningkatkan
kepopuleran produk itu sendiri.
Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung
langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen
yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para
konsumen supaya mau membeli produk Anda.
2. Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia.
Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile,
kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara
mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah
dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya
pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko
online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui
ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan
memperluas wilayah pemasaran Anda juga.
3. Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain
dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke
direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda
bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin
banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula
kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual.
4. Location Based Service (LBS)
Bisnis
berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online
biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa
mengakses keberadaan Anda saat ini seperti Koprol ataupun FourSquare.
Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang
bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal,
tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau
di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe
ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang
ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo –
promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada
di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu
dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan
mereka saat itu.
5. Video Streaming
Siapa
bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba
sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat
iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi,
cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. Tak perlu
membuat video yang lama, paling tidak membuat video berdurasi 30 detik
sampai 1 menit saja akan membuat katalog produk Anda semakin menggoda.
Cara ini sangat cocok untuk produk ponsel ataupun eletronik sehingga
para calon konsumen bisa tau fitur apa saja sih yang ada pada ponsel
yang akan dibelinya di toko Anda tersebut.
6. Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang
yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi,
jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan
membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi
darimana saja.
7. Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas
paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga
mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk
yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah,
maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai
harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat
Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok
untuk menawarkan diskon.
8. User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren
di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan
semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon
konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah
dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh
sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum
terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.
9. Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’
para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah
berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis
dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli
akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih
bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana
produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi
pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan.
Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia
akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus
mencarinya terlebih dahulu. Mencari tentu akan membutuhkan waktu,
sedangkan para calon konsumen Anda bisa saja sibuk dan ingin cepat-cepat
membeli apa yang mereka butuhkan saat itu juga.
10. Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online
berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut.
Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih
besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang
akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya,
sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman
berbelanja.
Tak jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang
sedikit produk di bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena
banyak dari netter malas membuka halaman satu per satu. Para netter
lebih tertarik untuk menggeser scroll ke bawah ketimbang harus membuka
halaman satu demi satu untuk memilih produk yang dibutuhkannya.
11. Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak
animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan
teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX,
kurangi penggunaan Flash. Bisa Anda bayangkan ketika Anda memasang
produk dengan animasi-animasi Flash di dalamnya untuk mempercantik.
Sayangnya si konsumen tidak menginstall Flash, maka animasi ini tak akan
muncul, justru akan membuat ruang kosong saja nantinya.
Tentu saja animasi AJAX yang ditampilkan ini tidak kalah cantiknya.
Dari sekedar menampilkan menu dinamis, konten dinamis sampai menampilkan
galeri. Bahkan membuat website lebih ringan dan cepat diakses. Semakin
cepat website dibuka, calon konsumen pun akan semakin sering mengunjungi
toko online Anda. Mereka akan datang lagi dan datang lagi. Animasi AJAX
di sini akan bisa mempercantik website toko online Anda tanpa
memberatkan waktu loading page website toko online Anda.
12. Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf
memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam
satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada
pengguna.
Masih banyak sekali website toko online yang menggunakan huruf-huruf
yang aman di browser. Tentunya hal ini membuat para designer terbatas
menggunakan huruf. Tak jarang pula, akhirnya huruf ini terpaksa
ditempelkan pada gambar agar di browser tetap tampil sesuai yang
diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang baik. Untungnya HTML5 sudah
mulai unjuk gigi dan memberikan solusi ciamik sehingga menggunakan
teknologi seperti TypeKit dapat membantu Anda memberikan kesan yang
cocok dari toko online Anda. Misalkan Anda menjual produk-produk untuk
para wanita, maka akan cocok bila Anda gunakan huruf yang luwes dan
terkesan feminin.
13. Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75%
halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan
sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih
dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar
untuk menarik minat calon konsumen. Kalau Anda memasang gambar yang
buram dan tidak menarik, pasti tidak akan menarik simpatik konsumen.
Tampilkanlah gambar yang semenarik mungkin, dengan tata letak tidak
bertabrakan dengan tulisan. Sehingga mata akan betah untuk berlama-lama
menatapnya.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran.
Sumber:
0 comments:
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :