Pemakaian Sosial Media sebagai Bagian Strategi Pemasaran
Konsumen Masa Kini
Facebook dan Twitter adalah contoh yang tepat sebagai tool untuk strategi pemasaran, banyak pemakainya yang menggunakan untuk penetrasi pasar mereka, atau paling tidak untuk menyapa exsiting konsumen mereka. Televisi, misalnya, pada awalnya media yang membosankan hanya berisi pesan publik dan hiburan2 umum, manu, seiring dengan berjalannya waktu, televisi telah menjadi tuan rumah media bagi iklan2 prime time berharga mahal.
Sosial media tak jauh berbeda dengan peran televisi pada masa awal, dalam hal manfaat dan arti untuk model bisnis masa kini. Jutaan orang dari seluruh dunia memiliki account di sosial media setidaknya satu media, sehingga sosila media bisa dikatakan alat yang sempurna untuk strategi pemasaran.
Ada yang menganggap, Facebook tidak fokus pada aplikasi bisnis. Tapi coba lihat iklan yang bertebaran di situs ini, ini saja bisa menjdai bukti bahwa situs ini sudah menjadi bagian dari startegi pemasaran. Disisi lain, ada yang menganggap bahwa situs macam Linkedin dan blog, lebih bermakna positif startegis bisnis. Lepas dari keduannya menjadi pertanyaan penting bagi kita, apa arti sesungguhnya Social media, dapatkah media ini memberikan paling tidak sesuatu untuk strategi bisnis kita.
Apa guna Social media bagi kita.
Pada dasarnya, strategi sosial yang tepat harus dipahami sebagai berikut :
• Target audiens? Setiap media memiliki arah yang berbeda, penting untukdipahami dengan siapa kita berbicara.
Jadi, jika kita menggunakan sosial media, harus dapat menjawab pertanyaan ; apakah Social media ini layak secara biaya dan efektifitas waktu untuk model bisnis kita? Apakah bisa mengenerate konsumen baru? Apakah ada cukup bermakna untuk strategi bisnis kita? Apakah exsisting konsumen bisa melakukan kontak intim dengan bisnis kiat?
• Kualitas konten sangat penting untuk kesuksesan.
Membuat konten berkualitas tidak semudah seperti kelihatannya. Tentu Anda bisa menghasilkan posting tentang bisnis Anda, tetapi jalangkah bagusnya bila dapatmenggabungkan tren mode mutahkir kedalam ke konten. Konten harus membuat kita istimewa, dimata konsumen.
• Delivery the value adalah masalah yang paling harus menjadi perhatian, termasuk didalamnya adalah tool2 yang disediakan oleh masing2 Social media.
Di sinilah kejelian pemanfaatan situs socila media diuji, karena penyampaian pesantergantung pada penggunaan tool yang tepat. Ambil contoh Facebook misalnya. Situs ini menawarkan profil pribadi dan profil bisnis atau sering dikenal dengan nama fanpage contohnya fanpage murahmotor dot net. Fanpage tentu saja berbeda dengan halaman profil pada profile tidak ada fasilitas “like” yang mengarahkan interaksi konsumen dan produsen.
Apa yang ditawarkan social media
Social media bukanlah stand-alone strategi pemasaran, Social media didesign untuk berinteraksi dengan model jaringan media yang lain untuk meningkatkan visibilitas entitas bisnis kita. Kesalahan menggunkan socila media dapat membuat usaha strategi pemasarn yang kita lakukan sia sia yang membuang uang dan tenaga saja. Jaringan social media adalah jaringan personal. yang harus dipahami kecepatan menyebar sebuah konten di social media sangat cepat dan berdampak luas. dampak yang palnig kelihatan adalah pada pola word-of-mouth marketing model.
Sebagian besar konsumen sekarang ini lebih percaya rekomendasi teman atas sebuah produk dari pada iklan di televisi misalnya. Pola marketing word-of-mouth inilah yang mendasari perilaku jaringan social media. Apapun produk anda, sekarang kita harus memberikan perhatian penuh pada jaringan social media. contoh lebih lanjut manfaat social media ini adalah seperti yang ditampilkan pada bisnis bertagline usaha bengkel berjaringan Murah Motor. berjaringan maksudnya adalah shop chaining antara beberapa outlet yang menjadi mitra usaha murah motor. karena dengan demikian beaya pemasaran dan promosi dapat diturunkan, ditanggung secara bersama sama. misalnya bila dalam waktu tertentu mengadakan kontes atau gimic pemsaran yang berhadiah, atau potongan harga yang dilakukan secara serentak, yang dilaunching dalam fanpage utama murahmotor
============================
Penulis adalah pemilik usaha bengkel berjaringan murahmotor[dot]net.
0 comments:
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :