7 TIPS Memasarkan PRODUK Lewat Internet
Di era serba krisis, ketatnya persaingan dan ceruk pasar yang semakin sempit seperti sekarang ini, internet
adalah satu satu komunikasi bisnis (marketing communication) yang cepat
dan paling murah serta telah teruji kepraktisannya. Internet telah
muncul sebagai solusi dalam pemasaran dan mulai diperhitungkan
keberadaannya oleh kalangan pebisnis/pengusaha.
Jika anda adalah seorang pebisnis/pengusaha, memasarkan produk melalui internet
patut dilakukan. kita dapat mengetahui perilaku konsumen, jumlah
permintaan produk berdasarkan kata kunci, bertemu cutomer di seluruh
Indonesia, naiknya animo kepercayaan masyarakat dalam bertransaksi di
dunia maya, meningkatnya pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya,
kecepatan dan murahnya biaya promosi jika dibandingkan dengan promosi
media konvensional sehingga efektif dan efisien.
Berikut 7 Tips Memasarkan Produk Lewat Internet yang dapat anda lakukan :
1. Lakukan penawaran bisnis yang eksklusif serta mempunyai daya jual tinggi melalui EMAIL.
2. Mulai membangun web/blog (baik gratis maupun berbayar) sebagai DISPLAY untuk memajang produk barang dan jasa anda.
3. Lakukan promosi yang segmented ke
SOCIAL MEDIA Facebook, Twitter, Google +, Kaskus dan lain lain serta
bangunlah link menuju DISPLAY anda.
4. Lakukan promosi ke SOCIAL NETWORK Kombes, Lintas Berita, Squido dan lainnya serta bangunlah linknya.
5. Lakukan promosi yang segmented dengan memanfaatkan IKLAN (Gratis/Berbayar) di internet.
6. Bergabunglah ke FORUM (Jual
Beli/Komunitas) kemudian lakukan penawaran bisnis yang segmented dan
memikat, lalu bangun linknya.
7. Bergabunglah ke GROUPS (Yahoo/Google)
kemudian lakukan penawaran bisnis yang eksklusif dan menarik. Jangan
lupa bangunlah linknya ke display anda.
Kerjakan 7 langkah di atas dan lihat
hasilnya. Anda dapat menghemat jutaan rupiah setiap bulannya dengan
mempraktekkan 7 Tips Memasarkan Produk Lewat Internet,
dengan mempraktekkannya anda bisa memangkas dan menghemat biaya
telepon, fax, gaji sales, promosi, iklan, transport pemasaran dan
gunakan internet.
Marketing adalah
ilmu yang sangat penting dalam dunia bisnis. Bisnis yang tumbuh dan
menjadi besar sudah dapat dipastikan bahwa bisnis tersebut berhasil
dalam bidang marketingnya.
Marketing juga telah mengubah wajah industri bisnis dunia. Perusahaan perusahaan yang tidak menerapkan strategi marketing dengan benar maka akan tertinggal jauh dengan pesaingnya.
Pada kasus nyata, ada banyak perusahaan,
brand, produk, jasa yang dikenal baik oleh masyarakat padahal belum
tentu bagus, dalam artian masih banyak produk sejenis yang lebih bagus
dipasaran. Tapi karena marketing, ia lebih dikenal luas oleh masyarakat dari pada pesaingnya. Itulah manfaat marketing jika dikelola dengan benar.
Untuk itu kelolalah bidang marketing
sebaik dan sebenar mungkin sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkecil
kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang akan membuat penjualan bisnis
anda terhambat.
Berikut 10 TIPS yang bisa digunakan digunakan untuk menghindari kemungkinan kesalahan dalam marketing :
- Buat CARA PEMASARAN yang UNIK. Untuk itu, anda harus memikirkan kenapa orang memiliki produk anda, pelayanan purna jual, harga yang kompetitif dan apapun yang membuat konsumen tertarik membeli.
- Tekankan KEUNGGULAN PRODUK. Orang akan lebih suka memilih produk yang menyertakan jelas tentang cara penggunaannya.
- Memakai JUDUL yang menarik pada IKLANNYA. Seperti pada artikel koran atau majalah, judul yang baik akan menarik perhatian dan menggiring pembaca untuk membacanya.
- Ujilah EFEKTIFITAS IKLAN, HARGA, KEMASAN PRODUK dan lain-lain. Dari mana anda tahu produk yang ditawarkan menarik bagi konsumen, jika tidak mengujinya? Lakukan uji pasar, sebelum produk itu dilempar semua.
- Ciptakan KONDISI Yang Membuat Orang Mudah Berbisnis Dengan Anda. Apakah tenaga pemasaran anda mengerti betul tentang produk yang ditawarkannya? Apakah telepon yang masuk ke kantor anda dijawab dengan ramah dan informatif? Apakah orang tidak kesulitan mendapatkan nomor telepon dan alamat anda? Apakah konsumen bisa dengan mudah menemukan barang yang mereka butuhkan? Cobalah anda berfikir dengan menempatkan diri sebagai konsumen.
- Memahami KEBUTUHAN PELANGGAN. Apa yang paling penting buat mereka? Bukan harga yang murah, tapi pelayanan yang cepat dan memuaskan. Bagaimana mengetahuinya? Jangan segan-segan untuk bertanya langsung pada mereka.
- MENG-UPDATE DATA PELANGGAN. Daftar pelanggan adalah harta karun anda. Dari pada mati-matian membawa pelanggan baru, akan lebih mudah merawat dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan lama. Kontak terus mereka, tanyakan apa saja yang membuat mereka suka dan tidak suka dalam berbisnis dengan anda.
- Berusaha MEMPERKECIL RESIKO. Kenali apa yang membuat konsumen tak mau membeli produk anda. Beri mereka pertimbangan untuk mempermudah membuat keputusan untuk membeli. Perkecil resiko yang akan mereka tanggung. Bila takut rugi, cobalah dalam waktu sebulan.
- MENDIDIK Konsumen. Jangan hanya bilang bahwa produk atau jasa anda lebih baik, tapi harus dijelaskan mengapa? Buatlah pelanggan benar-benar percaya pada produk yang ditawarkan. Kualitas, pelayanan dan harga yang kompetitif, tak menjamin apa-apa, karena setiap pengusaha selalu menawarkan ini.
- Jangan CEPAT PUAS. Bila berhasil menjaring pelanggan, pertahankan sampai anda menemukan cara lain yang lebih baik. Walau anda tidak suka, tak ada salahnya mengganti kemasan atau iklan yang terbukti disukai konsumen.
1 comments:
CARA AMAN BELANJA ONLINE
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :