Universal Analytics menggunakan Google Analytics



Tentang Universal Analytics

Universal Analytics memperkenalkan serangkaian fitur yang mengubah bagaimana data dikumpulkan dan diatur dalam akun Google Analytics Anda.

Dengan Universal Analytics, Anda dapat mengumpulkan lebih banyak jenis data dan meningkatkan kualitas data Anda, sehingga Anda dapat lebih memahami bagaimana interaksi pengunjung dengan bisnis Anda di setiap tahapan — iklan, penjualan, penggunaan produk, dukungan, dan retensi.

Dengan Universal Analytics (UA), Anda dapat:
Menggunakan Protokol Pengukuran untuk mengintegrasikan data di beberapa perangkat dan platform.
Protokol Pengukuran yang diperkenalkan oleh UA memungkinkan Anda mengumpulkan dan mengirim data yang masuk dari perangkat apa pun ke akun Analytics Anda, sehingga Anda dapat melacak lebih dari sekadar situs web. Manfaatkan kode analytics.js dan pustaka referensi pengembang yang baru dari Protokol Pengukuran untuk mengetahui bagaimana pengguna berinteraksi dengan semua perangkat Anda — ponsel cerdas, tablet, konsol game, dan bahkan peralatan digital.
Tingkatkan perolehan prospek: Sinkronkan data offline dan online.
Dengan UA, Anda dapat melacak data dari semua titik kontak pelanggan online dan offline Anda, seperti kampanye pemasaran, panggilan penjualan, dan kunjungan toko, sehingga Anda dapat menemukan hubungan di antara saluran yang menghasilkan konversi. Karena UA terutama merupakan inovasi dalam metode pengumpulan data, tidak ada laporan baru yang menampilkan data lintas perangkat.
Tentukan dimensi & metrik khusus Anda sendiri.
Dimensi khusus dan metrik khusus mirip seperti dimensi dan metrik default di akun Analytics Anda, kecuali Anda membuatnya sendiri. Gunakan dimensi dan metrik khusus tersebut untuk mengumpulkan data yang tidak dilacak secara otomatis oleh Google Analytics.
Pahami seberapa baik kinerja aplikasi seluler Anda.
Analisis Aplikasi Seluler menangkap data penggunaan khusus aplikasi seluler dan mengintegrasikannya dengan akun Google Analytics Anda, tempat Anda dapat menerapkan kembali pengetahuan Anda mengenai analisis web ke laporan aplikasi khusus. (Saat ini dalam versi beta.)
Menyiapkan UA

Universal Analytics hanya tersedia untuk sejumlah pengguna versi beta. Mintalah akses ke versi beta Universal Analytics.

Menyiapkan UA merupakan proses dua langkah yang memerlukan akses administrator ke akun Google Analytics dan pengetahuan teknis mengenai lingkungan pengembangan Anda. Ikuti setiap langkah yang dijelaskan di ikhtisar penyiapan UA kami untuk memulai. Jika Anda belum punya akun Google Analytics, Anda dapat mendaftar sekarang.

Pedoman penggunaan

UA adalah teknologi berkembang dan tidak semua fitur Google Analytics yang ada sepenuhnya didukung di UA. Karena UA terutama merupakan inovasi metode pengumpulan data, untuk saat ini tidak ada laporan baru, tetapi dimensi & metrik khusus akan muncul di laporan yang ada. Pelajari lebih lanjut tentang pedoman penggunaan UA dan tinjau informasi keamanan dan privasi.

Opsi konfigurasi sisi server

Selain metode pengumpulan baru yang diperkenalkan dalam Protokol Pengukuran, UA menunjukkan opsi yang memungkinkan Anda mengonfigurasi fitur sisi server. Lihat apa yang dapat Anda kontrol dari antarmuka akun Analytics Anda:

Menyesuaikan sumber penelusuran organik
Penanganan batas waktu sesi dan kampanye
Pengecualian rujukan
Pengecualian istilah penelusuran
Tentang Analisis Aplikasi Seluler
Tentang dimensi & metrik
Kunjungi situs pengembang kami untuk informasi terperinci mengenai penerapan dan konfigurasi.

Menyiapkan Universal Analytics (sebuah ikhtisar)
Tiga langkah untuk memulai Universal Analytics.

Menyiapkan Universal Analytics merupakan proses tiga langkah yang memerlukan akses administrator ke akun Google Analytics dan pengetahuan teknis mengenai lingkungan pengembangan Anda. Jika Anda belum punya akun, Anda dapat mendaftar ke Google Analytics sekarang.

Langkah 1: Daftar ke versi beta.

Universal Analytics (UA) hanya tersedia untuk sejumlah pengguna versi beta terbatas yang telah disetujui. Mintalah akses ke versi beta Universal Analytics. Sebaiknya Anda juga meninjau pedoman penggunaan UA dan informasi keamanan dan privasi UA sebelum meminta akses.

Langkah 2: Buat properti baru khusus untuk UA dan kirimkan ID properti tersebut kepada kami.

Di akun Google Analytics, buat akun dan properti baru, atau properti baru dalam akun yang ada yang dapat Anda gunakan secara eksklusif untuk UA. Anda akan mengirim semua data UA ke properti ini. Anda juga dapat membuat dan menggunakan beberapa properti UA di akun Anda. Data UA hanya dapat muncul di properti UA yang ditunjuk.

Kirimi kami ID properti tersebut dan kami akan mengembalikan fitur beta untuk properti yang disetujui. Petunjuknya akan dikirim melalui email kepada Anda setelah Anda mendaftar untuk mendapatkan versi beta.

Langkah 3: Mulai kirim data ke properti UA Anda.

Platform Universal Analytics fleksibel, sehingga Anda dapat mengirim data dari aset mana pun - termasuk situs web, aplikasi seluler, konsol permainan, dan perlengkapan digital - ke properti UA baru Anda. Anda dapat mengirim data menggunakan Protokol Pengukuran dan SDKv2 Android atau iOS.

Konfigurasi fitur

Setelah menyiapkan UA, Anda harus mengonfigurasikan setiap fitur secara terpisah. Gunakan panduan pengembang untuk penerapan teknis atau pusat bantuan kami untuk mengonfigurasikan fitur dari dalam akun Analytics Anda.

Jika Anda ingin mencoba UA di situs web yang sudah Anda lacak dengan Google Analytics, sebaiknya gunakan kode pelacakan ga.js dan analytics.js secara bersamaan untuk menjaga kontinuitas di akun pertama Anda. Kirimkan kumpulan data ke properti terpisah: data UA ke properti UA khusus UA, dan data ga.js ke properti non-UA. Data tidak dapat digabungkan atau diproses ulang setelah dikumpulkan. Konfigurasi alternatif tidak didukung dan dapat mengakibatkan data rusak atau tidak lengkap.

Pedoman penggunaan Universal Analytics
Ketentuan berikut berlaku untuk Universal Analytics (UA):

Batas data berlaku untuk UA.
Batas data untuk akun standar dan premium berlaku untuk Universal Analytics. Pemrosesan data mungkin dibatasi satu kali dalam sehari jika yang dikumpulkan melampaui batas ini.
Jangan gunakan data pengenal pribadi di akun Google Analytics Anda.
Jangan gunakan data yang memungkinkan Google mengidentifikasi seseorang secara pribadi (seperti nama, nomor jaminan sosial, alamat email, atau data serupa lainnya) atau data yang mengidentifikasi perangkat tertentu secara permanen (seperti pengenal unik telepon seluler, pengenal seperti itu tidak dapat disetel ulang), meskipun dalam bentuk campuran. Akun Google Analytics dapat dihentikan dan data Anda akan dihancurkan jika Anda menggunakan salah satu informasi ini.
Data tidak dapat diproses ulang atau digabungkan.
Semua data yang kami kumpulkan tidak dapat digabungkan atau diproses ulang. Jika Anda ingin mencoba UA dengan situs web yang sudah Anda lacak, sangat disarankan agar Anda menggunakan kode pelacakan ga.js dan analytics.js secara bersamaan dan mengirim data ke properti terpisah untuk menghindari kemungkinan untuk ingin menggabungkan atau mentransfer data.
Tidak semua pengintegrasian data didukung.
Pengintegrasian AdSense, DoubleClick, Eksperimen Konten, dan Pemasaran Ulang tidak didukung di UA.
Dimensi khusus merupakan variabel khusus baru.
Dimensi khusus memberi Anda cara yang fleksibel untuk menghasilkan data tambahan ke Google Analytics yang dapat membantu Anda menjawab pertanyaan baru tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten dan perangkat Anda. Dimensi khusus harus digunakan di UA yang menggunakan variabel khusus di ga.js.
Rujukan diproses secara berbeda.
Secara default, semua rujukan memicu sesi baru di UA. Misalnya, jika seorang pengunjung berada di situs Anda, keluar lalu langsung kembali, pengunjung ini telah mencatatkan 2 sesi. Namun, Anda dapat mengonfigurasikan ID pengguna untuk menghubungkan kedua sesi ini ke satu profil pengunjung. Hal ini memberi Anda gambaran perilaku pengunjung yang lebih akurat. Anda juga dapat memodifikasi kode pelacakan untuk mengecualikan semua lalu lintas dari domain tertentu sebagai lalu lintas rujukan dengan pengecualian rujukan.
Tidak ada laporan baru.
Karena UA terutama merupakan inovasi metode pengumpulan data, tidak ada laporan baru untuk saat ini, tetapi dimensi & metrik khusus akan muncul di laporan yang ada.
Informasikan kepada pengguna tentang perubahan ini dan sampaikan apa saja opsi yang mereka miliki.
Informasikan kepada pengguna Anda tentang fitur Google Analytics yang baru dan beri mereka pemberitahuan yang tepat tentang perubahan penerapan Anda. Minta persetujuan atau berikan kesempatan untuk menyisih dari layanan Anda.
Baca Tentang Universal Analytics serta keamanan dan privasi Universal Analytics untuk informasi lebih lanjut.

Penanganan batas waktu sesi dan kampanye
Tetapkan berapa laman sesi dan kampanye dapat bertahan.

Sesi dan kampanye berakhir setelah jangka waktu tertentu berlalu. Secara default, sesi berakhir setelah 30 menit dan kampanye berakhir setelah 6 bulan. Anda dapat mengubah setelan sehingga sesi dan kampanye berakhir setelah jangka waktu yang ditetapkan berlalu.

Durasi sesi dan kampanye bergantung pada situs dan bisnis Anda. Berikut ini beberapa ide agar Anda dapat mulai memikirkan tentang batas waktu sesi dan kampanye:

Jika situs Anda secara otomatis mengeluarkan pengunjung setelah tidak aktif selama jangka waktu tertentu, tetapkan batas waktu sesi untuk dicocokkan dengan durasi tersebut.
Perpanjang waktu sesi jika Anda punya banyak konten dan berharap pengunjung menghabiskan banyak waktu untuk terlibat dengan konten tersebut. Sebaliknya, persingkat waktu sesi jika situs berisi sedikit konten.
Tetapkan penanganan batas waktu kampanye pada jangka waktu yang sama seperti jangka waktu kampanye akan berjalan atau yang kira-kira relevan. Klik pada kampanye mikro media sosial mungkin tidak relevan selama lebih dari beberapa hari setelah peluncuran.
Batas waktu kampanye tidak boleh lebih dari 2 tahun. Sesi tidak boleh kurang dari 1 menit atau lebih dari 4 jam.

Mengubah setelan batas waktu sesi dan kampanye

Untuk mengubah penanganan batas waktu sesi dan kampanye:

Dari tab Admin dalam sebuah properti, pertama pilih tombol Sisi Server, lalu tab Setelan Sesi.
Sesuaikan Jam dan Menit untuk Penanganan sesi, dan Bulan dan Tanggal untuk Penanganan Kampanye.
Klik Terapkan untuk menyimpan.
Anda dapat mengedit setelan ini kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah yang sama.

Kunjungi situs pengembang kami untuk informasi terperinci mengenai penerapan dan konfigurasi.

Menyesuaikan sumber penelusuran organik
Ubah bagaimana penelusuran organik dikaitkan.

Google Analytics memisahkan lalu lintas yang tiba di situs Anda melalui hasil mesin telusur dari lalu lintas yang tiba melalui saluran perujuk lain, seperti iklan berbayar atau situs lain yang tertaut dengan situs Anda. Di laporan Anda, segmen lalu lintas ini disebut lalu lintas penelusuran organik. Untuk informasi tentang jenis lalu lintas, baca tentang sumber lalu lintas.

Analytics secara otomatis mengenali mesin telusur yang paling populer dan mengaitkan lalu lintas ke sumber tersebut. Lalu lintas yang menemukan situs Anda melalui salah satu mesin telusur default muncul sebagai lalu lintas penelusuran organik di laporan Anda. Lalu lintas yang menemukan situs Anda melalui mesin telusur yang tidak disertakan dalam daftar ini dianggap sebagai lalu lintas rujukan (bukan sebagai lalu lintas penelusuran organik) dalam laporan Anda.

Anda dapat menambahkan, menghapus, dan menyusun ulang daftar mesin telusur yang dikenal untuk mengubah bagaimana lalu lintas penelusuran organik dikaitkan di akun Anda dan bagaimana data muncul di laporan Anda.

Bagaimana daftar mesin telusur memengaruhi data Anda

Analytics mengaitkan lalu lintas yang masuk ke satu sumber. Lalu lintas penelusuran organik diberikan pada mesin telusur pertama di daftar Anda yang cocok dengan nama domain dan parameter kueri dari kunjungan yang masuk.

Misalnya, jika Anda mencantumkan google.com pertama dan images.google.com kedua (dan kedua situs menggunakan parameter kueri yang sama, seperti q), semua penelusuran yang terjadi di images.google.com dikaitkan dengan google.com. Untuk mengubah pengaitan ini, Anda dapat menyusun ulang mesin telusur tersebut dalam daftar untuk memprioritaskan bagaimana kunjungan dikaitkan. Dalam contoh ini, Anda dapat mencantumkan images.google.com sebelum google.com sehingga penelusuran dikaitkan dengan benar.

Anda juga dapat menghapus mesin telusur dari daftar ini. Lalu lintas yang tiba dari mesin telusur yang Anda hapus muncul sebagai lalu lintas rujukan bukan lalu lintas penelusuran organik.

Jika Anda mengontrol salah satu mesin telusur yang tumpang tindih dengan yang lain di daftar ini, seperti jika dalam contoh di sini Anda menggunakan sub-domain search.mysite.com dengan q sebagai parameter kueri untuk penelusuran situs internal Anda, Anda juga dapat menghindari situasi ini dengan mengganti q dengan parameter kueri yang unik untuk penelusuran internal Anda.

Mengubah setelan lalu lintas penelusuran organik

Untuk menambahkan, mengedit, menyusun ulang, atau menghapus mesin telusur:

Dari tab Admin dalam sebuah properti, pertama pilih tombol Sisi Server, kemudian tab Sumber Penelusuran Organik.
Klik +Tambahkan Mesin Telusur.
Dalam formulir, tentukan Nama Domain Berisi apa dan Parameter Kueri. Anda juga dapat menentukan Nama Mesin Telusur dan Jalur Berisi apa.
Klik Buat.
Klik edit atau hapus untuk mengubah atau menghapus mesin telusur yang telah Anda tambahkan. Untuk menyusun ulang daftar, seret dan lepas urutan setiap baris dengan menggunakan mouse untuk mengambil titik-titik di sebelah kiri nama mesin telusur.

Kunjungi panduan pengembang kami untuk mengetahui cara lainnya untuk menambahkan dan menghapus mesin telusur dari daftar ini dan referensi lengkap mengenai mengelola mesin telusur dan perujuk. Anda juga dapat melihat daftar mesin telusur default yang dikenal di Google Analytics.

Pengecualian rujukan
Anda.

Lalu lintas dapat tiba di situs Anda melalui beberapa cara: langsung melalui jendela browser; dengan mengeklik iklan berbayar atau hasil mesin telusur organik; atau sebagai rujukan. Lalu lintas rujukan adalah segmen lalu lintas yang tiba di situs Anda melalui tautan di situs lain. Analytics secara otomatis mengenali tempat lalu lintas berada sebelumnya tepat sebelum tiba di situs Anda, dan menampilkan nama domain situs tersebut sebagai sumber lalu lintas rujukan di laporan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai jenis lalu lintas, bacalah tentang sumber lalu lintas.

Anda dapat mengecualikan domain tertentu agar tidak dikenali sebagai sumber lalu lintas rujukan di akun Analytics Anda. Fitur ini umumnya digunakan untuk mengecualikan domain Anda sendiri dari lalu lintas rujukan. Hal ini mencegah situs Anda untuk disertakan sebagai sumber perujuk bila pengunjung di situs Anda mengeklik tautan internal, seperti tautan ke direktori lain atau kembali ke beranda. Anda juga mungkin ingin mengecualikan lalu lintas dari keranjang belanja pihak ketiga untuk mencegah pelanggan agar tidak dihitung sebagai sesi baru dan rujukan bila mereka kembali ke laman konfirmasi pesanan setelah check out di situs lain.

Bagaimana pengecualian lalu lintas rujukan memengaruhi data Anda

Secara default, rujukan memicu sesi baru secara otomatis. Bila Anda mengecualikan sumber rujukan, lalu lintas yang tiba di situs Anda dari domain yang dikecualikan tidak memicu sesi baru. Jika Anda menginginkan lalu lintas yang tiba dari situs tertentu memicu sesi baru, jangan kecualikan lalu lintas rujukan dari domain tersebut.

Karena setiap rujukan memicu sesi baru, mengecualikan rujukan (atau tidak mengecualikan rujukan) memengaruhi bagaimana sesi dihitung di akun Anda. Interaksi yang sama dapat dihitung sebagai satu atau dua sesi, berdasarkan bagaimana Anda menangani rujukan. Misalnya, seorang pengunjung di my-site.com membuka your-site.com, kemudian kembali ke my-site.com. Jika Anda tidak mengecualikan your-site.com sebagai domain perujuk, dua sesi akan dihitung, satu sesi untuk setiap kedatangan di my-site.com. Namun, jika Anda mengecualikan rujukan dari your-site.com, kedatangan kedua ke my-site.com tidak memicu sesi baru, dan hanya satu sesi yang dihitung.

Jika Anda mengecualikan domain Anda sendiri dari lalu lintas rujukan, aktivitas lain yang terjadi di situs Anda, seperti memicu Peristiwa dan menuntaskan Sasaran, tetap dicatat dalam laporan Anda.

Menambahkan atau menghapus sumber lalu lintas rujukan

Untuk mengecualikan lalu lintas dari domain tertentu sebagai lalu lintas rujukan:

Dari tab Admin dalam sebuah properti, pertama pilih tombol Sisi Server, kemudian tab Daftar Pengecualian Rujukan.
Masukkan Domain.
Klik Terapkan untuk menyimpan.
Anda juga dapat menghapus domain dari daftar pengecualian, memperkenalkan kembali lalu lintas tersebut sebagai sumber perujuk di laporan Anda, dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Kunjungi panduan pengembang untuk mengetahui cara lainnya guna mengecualikan domain dari lalu lintas rujukan Anda.

Pengecualian istilah penelusuran
.

Google Analytics mengidentifikasi istilah yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs Anda melalui mesin telusur mana pun dan menampilkan kata kunci ini (termasuk frasa) dalam laporan Anda. Untuk lalu lintas penelusuran organik maupun lalu lintas penelusuran berbayar, kata kunci menunjukkan kepada Anda secara tepat apa yang dimasukkan pelanggan ke dalam mesin telusur untuk menemukan tautan ke situs Anda yang tampak cukup relevan untuk diklik.

Anda dapat mengecualikan istilah penelusuran tertentu agar tidak diidentifikasi di akun Analytics Anda. Bila pengunjung menemukan situs Anda menggunakan istilah yang dikecualikan, lalu lintas tersebut tidak disertakan sebagai lalu lintas penelusuran (baik organik maupun berbayar) di laporan Anda. Sebaliknya, lalu lintas ini diperhitungkan sebagai lalu lintas langsung. Anda mungkin, misalnya, ingin mengecualikan nama perusahaan Anda sendiri atau domain Anda sebagai istilah penelusuran. Semua lalu lintas yang menemukan situs Anda dengan menelusuri salah satu istilah tersebut, selanjutnya muncul sebagai lalu lintas langsung di laporan Anda.

Bila Anda mengecualikan lalu lintas penelusuran yang tiba di situs Anda menggunakan kata kunci tertentu, aktivitas lain dari segmen tersebut, seperti memicu Peristiwa atau menuntaskan Sasaran, tetap dicatat dalam laporan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis sumber lalu lintas, bacalah tentang sumber lalu lintas.

Cara mengecualikan istilah penelusuran

Untuk mengecualikan lalu lintas yang memasuki situs Anda dengan istilah penelusuran ini sebagai lalu lintas rujukan:

Dari tab Admin dalam sebuah properti, pertama pilih tombol Sisi Server, kemudian tab Daftar Pengecualian Istilah Penelusuran.
Masukkan kata, frasa, atau string sebagai Istilah Penelusuran.
Klik Buat untuk menyimpan.
Anda dapat mengedit istilah ini kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah yang sama.

Kunjungi panduan pengembang kami untuk informasi yang lebih terperinci mengenai konfigurasi dan penerapan.

Keamanan dan privasi di Universal Analytics
Perubahan dalam teknologi terkadang bisa berarti perubahan dalam kebijakan. Meskipun Universal Analytics dan Protokol Pengukuran memperkenalkan fitur baru ke Google Analytics, kami belum banyak mengubah prinsip-prinsip keamanan dan privasi kami, tetapi ada beberapa informasi yang perlu Anda tinjau:

Data dan privasi Anda tetap aman.
Google Analytics tidak mengumpulkan informasi pengenal pribadi apa pun. Universal Analytics menambahkan fitur ke Google Analytics, tetapi komitmen privasi kami belum berubah. Perlindungan seperti penyembunyian IP, pengaya penyisihan browser Google Analytics, kerahasiaan data, dan keamanan tetap berfungsi dengan analytics.js.
Penyimpanan cookie pihak pertama diminimalkan di analytics.js. Semua pemrosesan data lainnya sama.
Informasi yang disimpan di cookie pihak pertama lokal dikurangi untuk analytics.js. Hanya pengenal anonim yang terdiri dari dua angka 32-bit yang dihasilkan secara acak (mis., 12345.67890) yang digunakan. Perhatikan juga bahwa mengosongkan atau menghapus cookie dari browser tidak menjamin bahwa kunjungan berikutnya ke situs web akan dianggap sebagai kunjungan baru di Analytics. Anda dapat menyisih dari Google Analytics dengan memasang pengaya penyisihan browser.
Cari tahu apakah situs menggunakan Universal Analytics atau tidak.
Mudah untuk mengetahui apakah situs web menggunakan Google Analytics, termasuk Universal Analytics. Dari browser, Anda dapat melihat kode sumber untuk situs apa pun dan memeriksa ga.js atau analytics.js. Jika Anda dapat melihat salah satu tag penerapan ini di kode sumber, situs itu menggunakan Google Analytics orisinal atau Universal Analytics, masing-masing. Perhatikan bahwa mungkin saja suatu situs menggunakan ga.js dan analytics.js secara bersamaan.
Universal Analytics sedang dalam versi beta tertutup.
Universal Analytics saat ini tersedia hanya untuk grup kecil pilihan. Fitur yang diperkenalkan oleh Protokol Pengukuran sedang dalam penggunaan terbatas.
Universal Analytics mendukung Protokol Pengukuran.
Semua situs, aplikasi, atau perangkat atau layanan digital lainnya yang menerapkan metode pengumpulan dan/atau fitur Protokol Pengukuran berkewajiban untuk memberikan pemberitahuan dan menawarkan opsi menyisih untuk pengguna dan pelanggan. Jika Anda menggunakan layanan yang telah menerapkan Protokol Pengukuran, harap lihat pemberitahuan yang diberikan dan pilihan yang ditawarkan oleh layanan ini langsung dengan pelanggan Google Analytics dengan menggunakan layanan tersebut, karena penyisihan yang langsung disediakan oleh Google Analytics tidak memengaruhi data yang dilaporkan melalui Protokol Pengukuran.

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :