Dari Web Analytic menjadi Strategi Marketing Handal
Sudah lama Whitecyber Team tidak membahas Internet Marketing. Kali ini akan kita lanjutkan kembali Internet Marketing Course yang pernah kita ulas di tahun lalu. Bagi yang belum pernah mengikuti Free Internet Marketing Course (100% Gratis). Silahkan klik disini untuk menuju halaman course! .
Pengukuran dalam dunia digital memberikan redefinisi terhadap konsep pengukuran bagi para tim pemasaran. Teknologi digital memungkinkan para CEO atau CMO mendapatkan data secara real time. Bila mereka menanyakan kepada Team Pemasaran mereka " Kapan kita mendapatkan hasil pengukuran yang sangat cepat, tentang website yang kita miliki ? ". Jawab Team Marketingnya " Sekarang Bisa Pak ! ". Sebuah langkah yang revolusioner dengan hadirnya web analytics.
![]() |
Whitecyber Web Analytics Course #1 |
Anda ingin mengetahui berapa jumlah orang yang mengunjungi situs perusahaan anda ? atau ingin mengetahui jumlah halaman dan lamanya pengunjung melihat situs dan bagaimana mereka keluar ? Anda ingin mengetahui berapa jumlah pengunjung baru dan berapa jumlah pengunjung lama ? atau untuk anda yang memiliki situs E-Commerce, anda ingin mengetahui berapa conversi dari yang tertarik dan kemudian membeli ?
Keseluruhan pertanyaan ini dapat diperoleh dengan mudah. bahkan kita bisa tanpa mengeluarkan biaya. Bersyukur bahwa di internet tersedia banyak Web Analytics yang dapat diakses dengan mudah. Peranti lunak ini dapat melakukan pengukuran, pengumpulan data, analisis, dan menghasilkan laporan dari berbagai data internet.
Untuk apa semua ini ? Dua hal, yaitu untuk memahami dan mengoptimalisasi penggunaan situs. Dengan mengetahui perilaku mereka, pemilik situs dapat melakukan banyak perbaikan agar lebih banyak lagi yang mengunjungi dan para pengunjung situs mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.
Apa jadinya bila ternyata pengunjung situs kita hanya meluangkan waktu kurang dari 1 menit dan mereka mengunjungi situs pesaing lebih dari 5 menit ? apa yang kemudian membuat kita risau bila ternyata hanya tidak lebih dari 2 halaman di situs yang dikunjungi padahal rata-rata situs milik pesaing mencapai 5 halaman ? ini hanya berbagai data yang menunjukkan bahwa situs kita perlu dioptimalkan dengan cara mempelajari perilaku mereka.
Perilaku mereka dapat kita lihat dan kita saksikan, melalui mereka melompat ke halaman web mana saja di web yang lain. Dari sanalah kita akan belajar untuk mengupdate content website kita. Web analytics tool manakah yang harus kita gunakan ? Tentu banyak pilihan dari mulai yang tidak berbayar sampai yang berbayar. Hingga saat ini Google Analytics memang merupakan tools yang paling populer yang diperkirakan memiliki pangsa pasar 50%. Banyak informasi yang sederhana dapat dilakukan oleh Google Analytics. Dan Fitur-fitur Google Analytics akan terus dalam masa perkembangan.
Masih banyak Analytics Tools yang tersedia secara premium seperti Alexa, Site Meter, Chartbeat, Woopora, KISSmetrics, Crazy Egg, dan masih banyak ratusan web lainnya.
Setelah Optimalisasi
Bagi para CMO, Team Pemasaran, maupun Tim Digital berperan untuk mengoptimalisasi websitenya. CMO dan Manager Pemasaranlah sebenarnya yang berperan dalam menganalisis dan membuat stategi untuk kedepannya. Pertama, CMO dan pemasar bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari program komunikasi mereka. Hal ini tidak terbatas dari komunikasi online namun juga secara off line. Salah satu bentuk komunikasi adalah dengan mengajak pelanggan mengakses website yang kita tentukan. Dengan melakukan monitoring inilah maka terlihat media konfensional, atau media digital yang manakah yang sangat berpengaruh di bidang pemasaran.
Efektifitas dari program komunikasi online juga mudah di evaluasi. Misalnya situs yang menawarkan program promosi atau permainan. Dengan melihat web tools analitics tim pemasaran bisa melihat efektif tidak iklan tersebut, dan berapa yang melakukan click.
Kedua, Manfaat strategik dari penggunakan web analytics ini adalah mempelajari Profil dan Segmentasi. Ini bernilai sinergik yang tinggi untuk CMO dan manager pemasaran. Perusahaan bisa mempelajari Profil dari para pengunjung ini kemudian melihat target pasar yang diinginkan. Dalam banyak hal, profil pengunjung kita kadang berbeda dengan yang kita harapkan. Nah disinilah harusnya kita bebenah untuk menyesuaikan target market pasar, atau sebaliknya kita yang menyesuaikan dan merubah strategi marketingnya.
Dengan mengetahui profil pengunjung kemudian kita mengelompokkan / grouping berdasarkan berbagai variable demografi, umur, jenis kelamin, edukasi, dan sosial ekonomi. Lalu dapat dilihat perilaku setiap segmen dalam banyak hal, mulai dari perilaku pengguna situs maupun berbagai produk yang dibeli atau layanan yang digunakan.
![]() |
Whitecyber Google Analytics Course #1 |
Beberapa kelemahan Google Analytics dalam memberikan informasi soal profil pengunjung situs dan segmentasi. Itulah sebabnya muncul bebagai web analytics di pasaran yang menawarkan tim pemasaran dan pemilik situs untuk membayar layanan premium dan kelebihan soal informasi profil dan segmentasi.
Ketiga, web analytics mampu memberikan jawaban terhadap product dan layanan apa yang dapat dikembangkan oleh Perusahaan. Pemilik situs berniaga.com maupun tokobagus.com pastilah ingin mengetahui barang apa sajakah yang laku, melihat product-product mereka lagi kemudian menganalisanya dan memprioritaskan dalam situs jual beli mereka. Dengan mempelajari Conversion RRate dari mereka yang berkunjung dan menjadi tertarik dan kemudian membeli. Gambaran ini sangat bermanfaat.
Keempat, adalah kesempatan bagi pemilik situs untuk mengembangkan Strategi Loyalitas. Dengan melihat dan menganalisis situs kita, maka kita dapat melihat situs mana yang terdekat dengan kita yang sering dikunjungi setelah mengunjungi situs kita. Pemetaan seperti ini memungkinkan pemilik situs atau tim pemasar untuk membuat rumusan strategi meningkatkan loyalitas pengunjung situs.
Sampai berjumpa dengan pembahasan Web Analytics selanjutnya. Whitecyber Team akan melanjutkan training internet marketing ini. Sampai berjumpa di pertemuan selanjutnya Sahabat Whitecyber di Seluruh Penjuru Tanah Air.
0 comments:
Posting Komentar
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :