WhiteCyber Robot Team


Whitecyber memberikan peluang bagi para remaja yang ingin belajar atau mengetahui bagaimana cara membuat Robot. Insyaalloh kami akan membahasnya dari awal hingga akhir. Tema kita kali ini adalah membuat Robot LINE Following.

Dari sisi perangkat keras robot yang digunakan, sama dengan aplikasi Line Following. Yang berbeda adalah kecerdasan yang kita programkan ke dalam robot. Dalam aplikasi Maze Solving, robot tidak hanya harus mampu bergerak mengikuti garis, namun juga berbelok dengan baik ketika menemukan persimpangan. Contoh lintasan di atas masih sederhana, karena tidak mengandung lintasan bersudut lancip, lintasan berupa garis putus, lintasan berupa garis putih di atas bidang hitam dan juga sejumlah lintasan dengan lebar jalur yang beragam, plus bidang miring.
Tidak ada teori khusus atau solusi baku untuk memecahkan Line Maze Solving, karena alur yang harus dilalui robot sangat variatif. Namun, bila peserta memahami teknik pergerakan robot, cara kerja sensor garis dan pertimbangan dinamika dan kinematika, maka tantangan ini dapat ditaklukkan dengan mudah. Hanya saja, perlu jam terbang yang cukup untuk mencapai semuanya itu.
Untuk pembelajaran yang lebih cepat dan efektif, dapat disarankan untuk mengikuti kelas Pemrograman Robot pada Aplikasi Line Following dan Maze Solving yang diselenggarakanNEXT SYSTEM Robotics Learning Center. Berikut adalah sejumlah kelas yang dimaksud:
  • Pemrograman Robot dalam Aplikasi Line Following dan Maze Solving dengan Bahasa BASIC
  • Pemrograman Robot dalam Aplikasi Line Following dan Maze Solving dengan Bahasa C
  • Pemrograman Arduino dalam Aplikasi Line Following dan Maze Solving
Tunggu kehadiran Whitecyber Robot Team.

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :