Membuat Augmented Reality Sebagai Alat peraga di Sekolah


13569429421023638789


Pada tanggal 30 Juni 2011 saya telah memposting  tulisan berjudul Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran, tapi sayang mungkin terlalu rumit untuk dilaksanakan, oleh karena itu saya membuat suatu aplikasi untuk menyederhanakan sehingga AR lebih mudah untuk digunakan Pembelajaran. Untuk saat ini hampir semua sekolah memiliki PC dan In Focus sehingga Alat Peraga dengan menggunakan Augmented Reality lebih tepat dan menarik bila dibandingkan dengan guru menggambar langsung pada papan tulis ataupun menggunakan cahrta. Dengan Alat Peraga menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) ini diharapkan proses belajar dan mengajar menjadi lebih menarik dan pada akhirnya proses pembelajaran berhasil. Aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin cara pemakaiannya sehingga guru di pelosok desa pun bisa menggunakannya. Apabila guru mempunyai kemampuan untuk membuat objek 3D mereka bisa menambahkan objek 3D pada Augmented Reality ini sesuai dengan apa yang diinginkan, tapi saya menyadari tidak semua guru mengerti cara membuat objek 3D oleh karena itu saya buatkan objek 3D sebanyak kutrang lebih 421 objek 3D yang dikelompokan menjadi beberapa kelompok.

sebelum dibahas cara penggunannya sebaiknya download terlebih dahulu Aplikasi dan Object 3D link dibawah ini :

Objek 3d

Setelah Selesai di download Instal terlebih dahulu aplikasinya, Kemudian jalankan aplikasinya

Langkah1 : Import File 3D
mengimpor objek 3D dari File dengan Format rar yang sudah di download, caranya klik Tab Impor File, kemudian klik tombol Import Object 3D

1356945453604587863

Pilih Kelompok Objek 3D ( format Rar) yang sudah di downlad kemudian klik Open

13569455851680777640
File Rar tersebut akan langsung di ekstrak pada folder yang ditentukan sistem

1356945662960543053

Langkah 2 : Mencetak Marker,
klik Tab Marker Kemudian klik tombol Cetak

13569459801762829807
Klik tombol Print, semuanya ada 17 halaman sebaiknya dicetak pada kertas agak tebal

1356946065476139228
Setelah selesai mencetak, sebaiknya keluar dulu dari aplikasi dengan mengklik tombol keluar

1356946127127823739

Langkah 3: Setting Ulang Marker.
Jalankan lagi aplikasi, klik tab marker, kemudian klik tombol Setting Ulang Marker

13569463201421565987
Maka akan muncul Tampilan dibawah ini

13569463741535684993
Tekan Enter

13569464101387036162
Klik Tombol OK

1356948276436427051

Hadapkan marker ke WebCam bila sudah terlihat marker tersebut dibatasi garis berwarna hijau dan merah, klik gambar marker tersebut

1356946631233111225
klik kemudian berinama setiap marker dibawahnya ada angka dari 01-99, bila yang dihadapkan ke web cam gambar 01 maka beri nama 01.patt, bila 02  ketik 02.patt dst kemudian tekan tombol enter

1356946750557930574
lakukan berulang-ulang sehingga semua marker selesai di seting ulang, bila sudah selesai keluar dengan cara klik tombol x di kanan atas

13569483031077377624

Langkah 4 :  Mengisi Database
Klik Tab Pengaturan

1356947065398544533


  1. Klik Tombol Tambah 3D sehingga tulisan pada Tombol berubah menjadi Simpan

  2. Isi Nama AR misalnya Kerangka

  3. Pilih marker yang akan digunakan, catatan untuk nama AR yang sama tidak diperbolehkan menggunakan marker yang sama

  4. Pilih Kelompok Objek 3D

  5. Pilih Nama Objek 3D yang akan ditampilkan

  6. Transalasi, Rotasi dan scala untuk sementara bisa diabaikan, bisa diatur kemudian bila AUgmented Reality akan diatur ulang


13569473811634822156
Klik tombol Simpan

1356947429578123145

Pilih satu opsi dari 3 Opsi yang tersedia
Langkah 5 : Menjalankan File AR
  1. Klik Tab Jalankan AR

  2. Pilih nama AR yang akan dijalankan

  3. klik Tombol buka

1356948505361211901
13569485421132050917
Klik Tombol OK

13569485721191684562
Tunggu Proses rendering

13569486191230760419
Tampilkan marker ke depan Web Cam, dan ternyata objek 3D nya terlalu besar untuk menubah menjadi lebih kecil
Klik Tab Pengaturan
Klik nama file yang akan diubah ukurannya
klik tombol ubah
Ubah angka pada skala

13569487681519025190
1356948798806177343
maka hasilnya sebagai berikut

13569488331736311909

Catatan :
Langkah 1 sampai 3 hanya dilakukan sekali
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat VIDEO TUTORIAL nya

SEMOGA BERMANFAAT
Sumber : kompas.com

Jangan lupa baca yang ini juga



4 comments:

Manfaat sekali pak tutorialnya.. Terima Kasih..
Oya pak mau tanya, untuk pembuatan object 3D ini menggunakan koding ga sih ???

11 Juli 2013 pukul 20.50 comment-delete

Untuk membuat Object 3D nya tidak membutuhkan coding. Anda dapat membuatnya dengan menggunakan Software Maya atau 3d Max. Coding hanya di perlukan untuk membuat program gambar 3D ini menjadi teknologi Augmented Reality yang dapat diakses via Android, Koding yang digunakan adalah JAVA Programming.

14 Juli 2013 pukul 02.54 comment-delete

Pak....Link downloadnya gak bisa diakses lagi ya...?

21 November 2014 pukul 18.18 comment-delete

Saya mau download file dan aplikasi di atas tapi gak bisa pak...please..

Anonim
21 November 2014 pukul 18.20 comment-delete

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :