Web Sites Referensi Untuk Belajar Bahasa Inggris




Ada banyak situs-situs menarik dan bermanfaat untuk bisa kita gunakan dalam media pembelajaran Bahasa Inggris di kelas kita. Tidak hanya untuk siswa-siswi kita di kelas, situs-situs tersebut juga bisa menjadi media pembelajaran bagi siapa saja yang ingin meningkatkan keahlian Bahasa Inggris kita. Untuk mempermudah pencarian, saya mencoba merangkum situs-situs tersebut ke dalam beberapa skill yang umum dipelajari dalam materi Bahasa Inggris, yaitu:

1. Listening
Listening termasuk ke dalam passive skill. Artinya, kita tidak perlu memproduksi atau dalam hal ini menghasilkan ucapan dalam Bahasa Inggris. Kemampuan listening adalah kemampuan memahami wacana atau ujaran dalam Bahasa Inggris. Untuk melatihnya, kita harus sering-sering mendengar exposure berbahasa Inggris, misalnya mendengar lagu-lagu berbahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan dialog atau monolog berbahasa Inggris.

Beberapa situs yang cukup representative adalah:

2. Speaking
Speaking Skill termasuk active skill dimana kita harus memproduksi ujaran dan ucapan dalam bahasa Inggris. Speaking skill memang lebih efektif jika dipraktekkan dengan lawan bicara. Namun, berlatih pengucapan secara sendirian minimal dapat meningkatkan olah vokal kita dalam melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

3. Reading
Reading skill sama dengan listening skill, termasuk dalam passive skill. Beberapa situs yang bisa dijadikan media pembelajaran adalah:

4. Writing
Sama dengan speaking, writing adalah active skill yang perlu dilatih dengan mempraktekkannya. Beberapa situs yang sering digunakan adalah:

5. Vocabularies
Vocabularies Building juga menjadi salah satu aspek pembelajaran bahasa Inggris yang penting. Untuk itu perlu elicit/pengulangan yang sering dilakukan sehingga pembelajar akan lebih mengingat lagi kosa kata yang pernah dipelajari.
www.vocabulary.co.il/
www.vocabulary.com/
iteslj.org/cw/

Itu beberapa web sites yang sering saya gunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman guru khususnya dan masyarakat umumnya.

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :